NAMA : ADI PAMUNGKAS
KELAS/NPM : 4EA12/10214236
PENDAHULUAN
Saat
ini sedang maraknya pembelian secara online. Dimana penjual dan pembeli tidak
perlu lagi melakukan transaksi tatap muka hanya saja lewat gadget dan internet.
Hal ini juga mempermudah penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi. Dengan
adanya pembelanjaan online juga jadi lebih efisien waktu . kegiatan berbelanja
online ini merupakan cara baru melakukan transaksi.
Dengan
cara mendownload aplikasi berbelanja
online di tokopedia kita lebih mudah untuk melakukan pembelian. Dengan cara
untuk yang belum mempunyai aplikasi silakan melakukan registrasi terlebih
dahulu supaya mempermudah penjual dan pembeli melakukan transaksi. Dengan
adanya data – data pembeli penjual juga lebih mudah bila pembeli melakukan
pembelian di toko tersebut.
Tokopedia
juga menyediakan berbagai macam pilihan dari perbelanjaan maupun pembayaran
yang dapat mempermudah pembeli. Namun dari setiap penjual yang menawarkan barang
di tokopedia pasti tidak semua penjual jujur dan baik untuk menawarkan
produknya. Pengalaman salah satu ketidaknyamanan sebagai konsumen terjadi
ketika teman saya membeli sebuah smartphone ditokopedia.
Awalnya
teman saya tidak merasakan kecurigaan ketika melakukan pemesanan terhadap
barang terebut. Kemudian teman sayapun keesokannya langsung melakukan
pembayaran melalui transfer melalu minimarket yang bekerjasama dengan
tokopedia. Setalah proses pencarian barang, melakukan keputusan atas pembelian
smartphone tersebut, akhirnya smartphone yang dipesan datang.
Namun
setelah melakukan pemakaian selama 4 hari, smartphone tersebut mengalami eror
pada software dan lcdnya. Kemudian teman saya pun melakukan claim garansi yang
diberikan oleh pihak penjual, dan proses klaim tersebut pun diterima dengan
baik oleh pihak penjual yang memberikan produk baru dengan merek dan tipe
smartphone yang sama.
Dengan
kejadian diatas bahwa setiap penjual tidak selamanya baik dan jujur dalam
melakukan penjualan terhadap barang yang dijual. Dan pastinya hal tersebut pun
pasti menjadi pengalaman buruk bagi konsumen yang akan memikir kembali ketika
ingin melakukan pembelian ditokopedia.
TEORI
Proses Komunikasi, Menurut Bovee dan Thill
(2006:8), proses komunikasi terdiri dari 6 (enam) tahap, yaitu:
1.
Pengirim mempunyai suatu ide atau gagasan.
Sebelum proses penyampaian pesan
dapat dilakukan, maka pengirim pesan (sender) harus
menyiapkan ide atau gagasan apa yang ingin disampaikan kepada pihak lain atau
receiver.
2.
Pengirim mengubah ide menjadi suatu pesan .
Dalam suatu proses komunikasi, tidak semua ide dapat
diterima atau dimengerti dengan sempurna. proses komunikasi dimulai dengan
adanya ide dalam pikiran, yang lalu diubah kedalam bentuk pesan, pesan seperti
dalam bentuk kata-kata, ekspresi wajah, dan sejenisnya, untuk kemudian
dipindahkan kepada orang lain.
3.
Pengirim menyampaikan pesan.
Setelah mengubah ide-ide ke dalam suatu pesan, tahap
berikutnya adalah memindahkan atau menyampaikan pesan melalui berbagai saluran
yang ada kepada si penerima pasan. Rantai saluran komunikasi yang digunakan
untuk menyampaikan pesan terkadang relatif pendek, namun ada juga yang cukup
panjang. Panjang pendeknya rantai saluran komunikasi yang digunakan akan
berpengaruh terhadap efektifitas penyampaian pesan.
4.
Penerima menerima pesan .
Komunikasi antara seseorang dengan orang lain akan
terjadi, bila pengirim mengirimkan suatu pesan dan penerima menerima pesan
tersebut. Jika seseorang mengirim sepucuk surat, komunikasi baru bisa terjalin
bila penerima surat telah membaca dan memahami isinya.
5.
Penerima menafsirkan pesan .
Setelah penerima menerima suatu pesan, tahap
berikutnya adalah bagaimana ia dapat menafsirkan pesan. Suatu pesan yang
disampaikan pengirim harus mudah dimengerti dan tersimpan didalam benak
pikiran si penerima pesan. Selanjutnya, suatu pesan baru dapat ditafsirkan
secara benar bila penerima pasan telah memahami isi pesan sebagaiman yang
dimaksud oleh pemgirim pesan.
6.
Penerima memberi tanggapan dan mengirim umpan balik
Kepada pengirim Umpan balik (feedback) adalah penghubung akhir dalam suatu mata
rantai komunikasi, Ia merupakan tanggapan penerima pesan yang memungkinkan
pengirim untuk menilai efektivitas suatu pesan.
ANALISIS
Tokopedia juga
menyediakan berbagai macam pilihan dari perbelanjaan maupun pembayaran yang
dapat mempermudah pembeli. Namun dari setiap penjual yang menawarkan barang di
tokopedia pasti tidak semua penjual jujur dan baik untuk menawarkan produknya. Pengalaman
salah satu ketidaknyamanan sebagai konsumen terjadi ketika teman saya membeli sebuah
smartphone ditokopedia.
Awalnya teman saya
tidak merasakan kecurigaan ketika melakukan pemesanan terhadap barang terebut. Kemudian
teman sayapun keesokannya langsung melakukan pembayaran melalui transfer melalu
minimarket yang bekerjasama dengan tokopedia. Setalah proses pencarian barang,
melakukan keputusan atas pembelian smartphone tersebut, akhirnya smartphone
yang dipesan datang.
Namun setelah melakukan
pemakaian selama 4 hari, smartphone tersebut mengalami eror pada software dan
lcdnya. Kemudian teman saya pun melakukan claim garansi yang diberikan oleh
pihak penjual, dan proses klaim tersebut pun diterima dengan baik oleh pihak
penjual yang memberikan produk baru dengan merek dan tipe smartphone yang sama.
Dengan kejadian diatas
bahwa setiap penjual tidak selamanya baik dan jujur dalam melakukan penjualan
terhadap barang yang dijual. Dan pastinya hal tersebut pun pasti menjadi
pengalaman buruk bagi konsumen yang akan memikir kembali ketika ingin melakukan
pembelian ditokopedia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar