TUGAS
SOFTSKILL KOMUNIKASI BISNIS
NAMA :
ADI PAMUNGKAS
KELAS :
4EA12
NPM :
10214236
A.
PENDAHULUAN
Teknologi
informasi dan komunikasi mempermudah kehidupan manusia. Jika menggunakan alat
teknologi informasi dan komunikasi, dua benua akan terasa tidak berjarak.
Kehadiran komputer, internet, telepon seluler, dan berbagai alat teknologi
informasi dan komunikasi membuat arus informasi semakin lancar.
Teknologi informasi dan komunikasi yang sedang berkembang pesat saat ini mulai
banyak digunakan oleh pemilik usaha bisnis untuk mengembangkan bisnis yang di
miliki agar mempermudah dalam masalah pemesanan kepada distributor maupun
pemesanan yang dilakukan oleh konsumen.
Pengalaman menggunakan
teknologi informasi dalam kegiatan bisnis sehari-hari, dalam menentukan kasus
kali ini menggunakan pengalaman pribadi saya: seseorang membuka toko kaos yang
berjualan di Tokopedia sebagai distributor untuk usaha yang saya miliki dan
melakukan pengiriman melalui jasa pengiriman barang Indah Cargo. Dan saya
melakukan transaksi dengan distributor tersebut yang awalnya lancar-lancar
saja, namun dalam pengiriman barang pesanan tersebut terjadi kendala terlalu
lama pesanan sampai kepada konsumen.
Pada tanggal 9 oktober
saya melakukan pemesanan atas 91 pcs kaos yang dalam perjanjian pengiriman
menggunakan JNE sehinnga toko kaos menyampaikan bahwa “baik mas bahwa pemesanan
atas 91pcs telah di packing dan akan di lakukan pengiriman keesokan harinya
oleh JNE”. Namun pada saat menunggu yang wajarnya pengiriman tiba hingga 2-3
hari tidak sampai ditangan konsumen.
Saya pun melakukan
complain terhadap distributor kaos tersebut dan melakukan pengecekan ternyata
pesanan tersebut dikirim melalui kurir jasa Indah Cargo, yang berbeda dengan
perjanjian awalnya. Hal tersebut pun sudah menjadi salah komunikasi antara
pemesan dan distributor yang menyebabkan konsumen mendapat rugi pada ongkos
kirim dengan selisih hingga Rp.23.000.
Setelah terjadi kesalah
pahaman dalam melakukan pengiriman di terima oleh konsumen, keterlambatan
penirimaan oleh konsumen pun masih terjadi hingga seminggu setelah transaksi
pemesanan. Setelah di cek kembali ternyata pesanan tersebut mengalami pending
di gudang pusat Indah Cargo. Dan saat ditanya kepada pegawai dari indah cargo
pegawai terebut anehnya tidak mengetahui mengapa pesanan tersebut bisa pending.
B.
TEORI
KEUNTUNGAN
MENGUSAI TEKNOLOGI INFORMASI
a. Social , dalam bidang social kita
akan mendapatkan keuntungan dalam kegiatan berkomunikasi tanpa mempertimangkan
jarak yang ada.
b. Pendidikan, dalam masa sekarang,
dengan perkembangan teknologi yang ada pemerintahan sangat memanfaatkan
teknologi yang ada, dan kita sebagaimasyarakat diarahkan untuk mengakses
berbagai macam hal yang menyangkut pendidikan melalui sebuah teknologi, maka
itu sangat menguntungkan jika kita menguasai teknologi tersebut.
c. Ekonomi, dalam bidang ekonomi juga
sangat diperlukan kemampuan menggunakan teknologi, pada pasa sekarang segala
macam kediatan jual beli dipermudah dengan cara melalui internet dan sangat
menguntungkan bagi kita yang menguasai teknologi informasi yang ada.
d. Pemerintahan, dengan adanya
dukungan positif dari pemerintah. Saat ini pemerintah membuat banyak hal yang
berhubungan dengan pemerintah dipermudah melalui media internet. Dan bagi
masyakat yang menguasai bidang teknologi informasi akan merasakan kemudahan
dalam berinteraksi dengan pemerintah.
PEMANFAATAN
TEKNOLOGI INFORMASI DALAM KOMUNIKASI BISNIS
Dengan memanfaatkan teknologi informasi di bidang
bisnis akan memberikan dampak positif yang besar utnuk jalannya bisnis yang
kita bangun. Berikut beberapa manfaat penting teknologi informasi dalam bidang
bisnis:
1. Munculnya
peluang bisnis baru (E-Bussines)
2. Mengurangi
biaya produksi dan operasional
3. Mempermudah
proses komunikasi dan monitoring setiap karyawan
4. Akses
informasi dan penyebaran informasi
5. Komunikasi
yang cepat
PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI
INFORMASI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN BISNIS
Membuat
keputusan (decision making) adalah suatu proses memilih alternatif tertentu
dari beberapa alternatif yang ada. Jadi, membuat keputusan adalah suatu proses
memilih antara berbagai macam cara untuk melaksanakan pekerjaan. Semakin
berpengalaman dalam pengambilan keputusan, semakin besar pula kepercayaan diri
yang akan semakin berorientasi pula pada suatu tindakan. Jika seorang wirausaha
mampu mengambil suatu keputusan dalam batas-batas waktu yang masuk akal, mungkin
ia mampu mengambil suatu keputusan yang menguntungkan sehingga sewaktu-waktu
muncul peluang-peluang bisnis.
Di sini seorang Wirausaha
harus cepat mengambil suatu keputusan agar dapat menggunakan kesempatan
sebaik-baiknya. Wirausaha yang ingin maju dalam bisnisnya, harus dapat memutar
akal dengan mengandalkan intuisi, ide-ide yang penuh kreatif dan inovatif.
Mereka juga harus memandang persoalan dalam konteks yang lebih luas, sambil
mengingat bahwa keputusan-keputusan utama akan mempunyai akibat-akibat jangka
panjang atas operasi bisnisnya. Seorang wirausaha diharapkan lebih aktif dalam
dan lebih kreatif, karena ia harus membuat keputusan (decision making) tanpa
bantuan data-data kuantitatif (data berbentuk angka-angka) atau dukungan
staf yang berpengalaman.
Keberhasilan seorang Wirausaha
di dalam bisnis, tergantung pada kemampuan membuat keputusan yang meningkatkan
keuntungan bisnisnya pada masa yang akan datang. Kemampuan membuat keputusan
dapat diperoleh dari pengalamannya selama bertahun-tahun. Akan tetapi, dalam
prakteknya pasti ada saja kesalahan-kesalahan, yang harus cepat disadari dan
diambil tindakan pembetulannya.
Dalam perusahaan besar, biasanya pembuatan dan pengambilan keputusan itu
didasarkan atas dasar data-data dan dokumentasi perusahaan yang terdapat dalam
survei, laporan usaha, dan sebagainya. Informasi ini biasanya telah dihimpun
dengan cara yang sudah ditentukan, sesuai dengan teknik-teknik pemecahan
masalah.
C.
ANALISIS
Kasus
seperti ini terjadi karena kesalahan sistem dalam proses pengiriman antara
penjualan, jasa pengiriman. Pihak distributor kaos yang sudah lepas tangan
ketika barang pesanan sudah sampai pada jasa pengiriman. Jadi konsumen hanya
tinggal menghubungi pihak jasa pengiriman saja ketika ingin menanyakan sudah
sampai mana proses pengiriman barang tersebut.
Seharusnya
dari pihak penjual tidak melepas tangan begitu saja, mungkin masih bisa
membantu dalam menanyatakan proses pengiriman sudah sampai mana, sehingga
konsumen pun merasa nyaman dan tenang ketika melakukan pembelian di toko
tersebut dan melakukan pengiriman menggunakan jasa pengiriman tersebut.
D.
REFERENSI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar